Senin, 17 Januari 2022

Minta Alat Berat Tambang Pasir Besi Ditarik, Warga Pasar Seluma Demo Sampai Pagi

Angkasanews.id-
Jumat, 24 Desember 2021 | 04:30WIB
3 menit baca
kisruh
16859678893602362891

PASAR SELUMA – Puluhan kaum ibu-ibu warga Desa Pasar Seluma yang melakukan aksi demo di lokasi tambang pasir besi, nekat tidur dilokasi tambang pasir besi. Hal tersebut dilakukan lantaran kaum ibu-ibu tersebut menolak pihak PT Faming Levto Bakti Abadi untuk melakukan aksi penambangan pasir besi dilokasi Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan.

Dari pantauan Radar Seluma dilokasi tambang pasir besi, sejak digelarnya aksi demo yang dilakukan puluhan kaum ibu-ibu warga Desa Pasar Seluma dilokasi tambang pasir besi. Sejak Kamis (23/12) siang, sekitar pukul 11.00 wib. Aksi Demo tersebut dilakukan oleh kaum ibu-ibu hingga nekat tidur dilokasi tambang. Tampak puluhan kaum ibu-ibu tersebut masih bertahan dilokasi tambang.

Aksi nekat tersebut dilakukan, lantaran permintaan mereka belum dikabulkan. Yakni meminta pihak PT Faming Levto Bakti Abadi angkat kaki dari lokasi tambang. Serta membawa pergi peralatan-peralatan tambang yang sudah dibawa ke lokasi tambang pasir besi.

“Sebelum ini diangkut, maka kami tetap bertahan disini,” sampai Zemi Sipantri saat dikonfirmasi Radar Seluma dilokasi tambang.

Puluhan kaum ibu-ibu tersebut tidak akan angkat kaki dari lokasi tambang, sebelum alat-alat tambang dikeluarkan dari lokasi tambang. Mirisnya, dalam aksi tersebut kaum ibu-ibu nekat tidur dilokasi tambang dengan hanya beralaskan terpal yang dibawa oleh suaminya. Kaum ibu-ibu tersebut nekat membawa bekal. Bahkan terlihat juga kaum ibu-ibu tersebut membawa balita untuk bermalam dilokasi tambang. Hingga malam hari, kaum ibu-ibu tersebut juga masih kerap melakukan orasi penolakan tambang pasir besi.

/////
Ajak Ibu-Ibu Pulang, Kades Pasar Seluma Diusir

SEMENTARA Itu, sekitar pukul 11.00 wib. Terlihat Kepala Desa Pasar Seluma, Hertoni bersama dengan Kasat Reskrim Polres Seluma, Kasat Binmas dan anghotanya mendatangi rombongan ibu-ibu dilokasi tambang pasir besi. Kedatangan Kepala Desa tersebut diketahui ingin mengajak kaum ibu-ibu untuk pulang.

Hanya saja, sebelum sempat menyampaikan maksud dan tujuan. Kepala desa malah diusir oleh kaum ibu-ibu. Dengan lontaran ucapan jika mereka tidak mau bertemu dengan kepala desa. Serta mengusir kepala desa dari lokasi tambang.

“Kami tidak mau bertemu sama pak kades. Usir pak kades,” sampai kaum ibu-ibu.

Kepala dese menyampaikan, selaku pemerintah desa dan juga dari pihak keamanan. Datang ke lokasi tambang pasir besi, ingin mengajak rombongan kaum ibu-ibu untuk pulang kerumah. Mengingat pada saat itu kondisi sudah larut malam.

“Kami tang kesini mau mengajak rombongan untuk pulang. Biarlah kami selaku pemerintahan desa untuk mengurusi permasalahan ini. Menyampaikan apa keinginan rombongan ibu-ibu,” sampainya.

Hanya saja, ajakan kepala desa tersebut tak digubris oleh kaum ibu-ibu. Melainkan malah mengusir kepala desa untuk pergi dari lokasi tambang pasir besi tersebut. Kaum ibu-ibu tersebut tetap masih tetap seperti pendirian mereka, untuk menolak tambang pasir besi. Sebelum alat-alat tambang pergi dari lokasi tambang pasir besi, kaum ibu-ibu tersebut tidak akan pergi dari lokasi tambang.

“Kmi tidak mau, Kami masih akan tetap mempertahankan tanah air kami. Ada apa dengan pak kades sebenarnya,” sampai kaum ibu-ibu.

Hingga malam hari, dilokasi tambang terlihat semakin banyak masa. Selain kaum ibu-ibu Desa Pasar Seluma. Dilokasi juga ada dari beberapa desa pesisir yang ada di wilayah Kecamatan Ilir Talo. Bahkan toko-toko pemuda yang juga ikut bergabung. Mereka masih tetap ingin supaya alat-alat tambang angkat kaki dari lokasi tambang pasir besi.(ctr)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Direktur RBMG Dianugrahi PCNO

//Diserahkan 9 Februari di Hadapan Presiden RI BENGKULU – Direktur Rakyat Bengkulu Media Grup (RBMG),…

, ,

Tiga Pengedar dan Pemasok Narkoba, Diringkus Polda

BENGKULU – Usai menangkap tiga orang pengedar narkoba jenis sabu berinisial EF ( 33 )…

, ,

Suami Ditahan, Perempuan Jenggalu Geruduk Kantor Bupati

PEMATANG AUR – Sejumlah kaum perempuan dari Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja menggeruduk kantor bupati, sekira…

Sejoli Digerebek Satpam di Kamar Mandi Umum, Sang Wanita Sibuk Benahi Pakaian

JAKARTA, Radsel– Sebuah video sejoli digerebek satpam di dalam sebuah kamar mandi umum viral di…

,

DBD Kembali Mengancam!!

PEMATANG AUR – Kasus demam berdarah di wilayah Kabupaten Seluma pada saat ini kembali bertambah….

Gila! Harga Pupuk Buat Petani Menderita

BENGKULU – Kenaikan harga pupuk non subsidi yang berlaku sejak tahun 2021 lalu, menyebabkan para…

, , , ,

Atlet Taekwondo Seluma Raih 4 Mendali Emas

PEMATANG AUR – Atlet Taekwondo Indonesia Kabupaten Seluma kembali menorehkan prestasi positif pada kejuaraan Nasional…

Gawat!! Banyak Sapi Warga Mati Mendadak

PASAR TALO – Belasan ekor ternak sapi milik warga mati mendadak. Diduga akibat terserang penyakit…

, ,

Mulai Berbenah, Camat Seluma Utara Bersihkan Akses Jalan Lingkungan

SELUMA UTARA – Dalam melakukan upaya pembenahan menuju Kabupaten Seluma Alap. Terutama di wilayah Kecamatan…

Sopir Grand Max Yang Dibakar, Masih Diamankan di.Polsek

Pihak Kepolisian masih mengamankan Indra Jonatan Sianturi, sopir Grand max yang dibakar warga, usai mengalami…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading