Rabu, 22 September 2021

Jika Tak Dilantik, BPD Terpilih Ngaku Malu di Desa

Angkasanews.id-
Kamis, 4 Februari 2021 | 02:07WIB
2 menit baca
rdp (2)
16859678893602362891

PEMATANG AUR – Perwakilan masyarakat yang merupakan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih dari 11 kemarin (03/02) menggelar Rapar Dengar Pendapat (RDP) yang difasilitasi oleh Komisi I DPRD Seluma. Rapat ini digelar terkait dengan pemilihan BPD di 11 desa dua kecamatan yang hingga saat ini belum juga dilakukan pelantikan. Padahal paniti pemilihan BPD 11 desa ini telah melaksanakan pemilihan BPD di desa mereka. Namun, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh kepala daerah agar mengintruksikan kepada pemerintah desa untuk tidak melakukan pemilihan BPD karena berpotensi mengumpulkan orang banyak. Dimana, pada saat pandemi saat ini, dilarang melakukan kerumunan massa. SE Mendagri ini kemudian diteruskan ke Kades melalui camat dengan Surat Edaran (SE) bupati. Ke 11 Desa yang telah melakukan pemilihan BPD yaitu, Desa Lunjuk dan Tanjung Agung , Seluma Barat. Desa Air Periukan, Keban Agung, Talang Benuang, Padang Pelasan, Lawang Agung, Kungkai, Sukasari dan Tawang Rejo Kecamatan Air Periukan. Salah satu perwakilan BPD terpilih, Hendri menyampaikan bahwa, mereka melakukan pemilihan dan mengikuti tahapan pemilihan ini setelah adanya pemberitahuan dari panitia. Sehingga, mereka mencalonkan diri sudah sesuai dengan mekanisme yang ada. “Tahapan dari awal itu kan kami mengikuti petunjuk dari panitia pemilihan. Mulai dari pendaftaran dan proses pemilihan,” kata Hendri dalam hearing kemarin. Dia mengatakan, panitia pelaksana pemilihan BPD sendiri tentu memiliki petunjuk atau paling tidak ada koordinasi ke pihak kecamatan sebelum dilakukannya pemilihan BPD. sehingga, mereka meminta agar dalam hearing juga menghadirkan panitia, Ketua BPD periode sebelumnya dan kepala desa. “Mereka tentu punya alasan. Apakah ada rekomendasi dari kecamatan atau bahkan dari dinas PMD,” tambahnya.
Sementara itu, Kabag Hukum Setda Seluma Nurpadlia SH menyampaikan bahwa, karena adanya SE Mendagri, Pemkab Seluma tidak ada mengeluarkan SK BPD baru. Sehingga, yang dikeluarkan hanya SK perpanjangan BPD sebelumnya. “Setelah kita terima SE dari Mendagri sejak Mei tahun lalu, maka Pemda Seluma sudah mengeluarkan Surat Edaran bupati sebanyak 3 kali. Secara administratif, tidak dikeluarkan SK BPD baru, hanya dikeluarkan SK perpanjangan BPD sebelumnya,” kata Lia. Menurutnya, pelaksanaan Pemilihan BPD memang tidak harus ada izin. Karena pemilihannya harus dilakukan sebelum 6 bulan berakhir masa jabatan. Hanya saja, tetap belum bisa dilakukan pemilihan sebelum adanya SE baru tentang diperbolehkannya pemilihan BPD. “Kita akan teliti dan pelajari lagi keinginan masyarakat ini,” tambahnya.
Sementara itu, ketua Komisi I DPRD Seluma Syamsul Aswajar S. Sos mengatakan bahwa, karena RDP yang digelar kemarin masih ada kekurangan. Maka mereka akan kembali mengagendakan RDP dengan mengahdirkan panitia pemilihan. ” Kita akan agendakan kembali hearing lanjutan, karena masih ada peserta yang seharusnya juga ikuti dihadirkan dalam RDP ini,” tandasnya. Syamsul berharap ada solusi terkait permintaan masyarakat ini. Agar mereka yang telah terpilih tidak merasa dirugikan. (ndi)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Pikul Beras, Wawali Serahkan Langsung ke Warga Kurang Mampu

BENGKULU – Setelah penyerahan bantuan beras Program Keluarga Harapan dan Doa (PKHD) dilaunching oleh Walikota…

Tebat di Lunjuk Dibangun Tanpa Izin?

LUNJUK – Pembangunan wisata Tebat Ratu, yang berada di Desa Lunjuk, Kecamatan Seluma Barat kabarnya…

Pagi Ini, Ada Vaksin GAMKI-Polri di RRI Bengkulu

BENGKULU – Bagi warga Provinsi Bengkulu yang belum vaksin, baik vaksin I dan ke II,…

Nasdem Kritisi RPJMD

PEMATANG AUR – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten…

Judicial Review Permendagri, Pemda Seluma Konsultasi ke Pengadilan

TALANG SALING – Selasa (21/9) siang sekitar pukul 13.45 WIB. Terlihat sebanyak tujuh kuasa hukum…

Unik, Helmi Hasan Bagi Beras 10 Kg Lebih Sebutir

Bengkulu – Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Walikota Bengkulu Helmi Hasan benar-benar mencari solusi agar…

BS Level Tiga Lagi, Pandemi Covid-19

BENGKULU SELATAN – Saat ini Bengkulu Selatan (BS) turun ke level tiga dalam hal PPKM….

15 Kios Sekundang Segera Dilaunching Pemda BS

BENGKULU SELATAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop) dan UMKM…

Wabup: Rangkaian Job Fit untuk Mutasi

PEMATANG AUR – Tahapan job fit pejabat esok II kemarin telah resmi dibuka oleh Wakil…

Fraksi Nasdem Akan Ajukan Interpelasi Terkait Tabat

PEMATANG AUR – Fraksi Nesdem di DPRD Seluma akan menggunakan hak interpelasi terkait tapal batas…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading