Kamis, 27 Januari 2022

Investor Pasir Besi Belum Kantongi Izin

Angkasanews.id-
Selasa, 16 November 2021 | 01:28WIB
2 menit baca
IMG-20211112-WA0012
16859678893602362891

PEMATANG AUR – Investor tambang pasir besi yang rencananya akan melakukan penambangan di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan hingga saat ini belum melengkapi izin ke Pemerintah Daerah. Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Drs Mahwan Jayadi mengatakan, perusahaan pasir besi sebelumnya memang ada yaitu dari PT Pamia tradio negara. Sehingga, untuk perusahaan lain, hingga saat ini belum ada menyampaikan perizinan ke pemerintah daerah. Sehingga, pihaknya belum menyampaikan perihal perizinan perusahaan tersebut ke bupati. “Kalau untuk Paming Lapto sampai saat ini kami belum mendapatkan dokumen izinnya. Mereka juga belum mengurus izin ke kami,” kata Mahwan di Konfirmasi, kemarin (15/11).
Menurutnya, jika perusahaan tersebut telah memiliki izin lengkap. Mereka tetap harus melaporkan ke Pemda Seluma. Hal ini berkaitan dengan dokumen izin serta komitmen kepada pemerintah daerah. “Atau mereka sudah memiliki Nomor Induk Berusaha. Tapi tetap harus melapor ke daerah. Ada komitmen yang harus dipatuhi perusahaan. Masalah izin lingkungan, RTRW dan KSDA,” jelasnya.
Menurut Mahwan, mereka pernah berkoordinasi ke pemerintah pusat terkait izin tambang pasir besi di Pasar Seluma. Dimana, untuk izin perusahaan Pamia, masih berlaku hingga 2030. Dan perusahaan Pamia pernah memberikan kuasa kepada perusahaan PT Indo Bara. Jika perusahaan baru yang masuk atasnama PT Indo Bara, maka hal itu merupakan kuasa dari PT Pamia. “Makanya kita minta agar perusahaan itu menyampaikan dokumen izin. Kalau belum lengkap. Harus melengkapi terlebih dahulu,” ucapnya. Terpisah, Wakil Ketua I DPRD Seluma Sugeng Zonrio SH meminta kepada perusahaan tersebut untuk serius dalam membuktikan perizinan. Karena, jika belum lengkap izin, maka perusahaan tersebut telah melanggar aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Kemudian, sejauh ini pihak perusahaan tersebut belum melakukan koordinasi ke pemerintah daerah. Baik itu ke DPRD maupun ke eksekutif. “Seharusnya koordinasi dulu ke legislatif dan eksekutif. Jangan datang langsung dirikan camp. Padahal tambang itu perusahaan besar,” sampai Sugeng.
Menurutnya, ada juga informasi dari BKSDA bahwa, titik lokasi tersebut merupakan kawasan Cagar Alam. Jika benar, maka kawasan tersebut tidak boleh dikelola. “Kalau memang Cagar Alam. Artinya itu tidak boleh dikelola,” ucapnya.
Namun kata Sugeng, DPRD para prinsipnya bukan anti dengan investor. Namun, pihak perusahaan harus mematuhi aturan. Serta tidak menimbulkan konflik dimasyarakat. “Kita bukan anti investor. Kalau memang izinnya lengkap. Terkait dokumen UKL/UPL mungkin pihak yang mengeluarkan izin itu ada pertimbangan. Pemerintah harus dukung itu. Jangan dipersulit. Tapi kalau melanggar aturan. Harus ditunda dulu,” ucapnya. (ndi)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

, , ,

Sepakat, Massa PPDI Bubar

PEMATANG AUR – Setelah melewati proses mediasi yang panjang. Akhirnya aksi demo Persatuan Perangkat Desa…

,

Sempat Ricuh, Demo Perangkat Desa se Seluma

PEMATANG AUR – Lantaran terbawa suasana panas demo ribuan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten…

,

Demo PPDI se Kab Seluma, Dikritik Kades

Demo PPDI Kabupaten Seluma, di Kantor bupati menuai banyak kecaman dari Kepala Desa (Kades). Kecaman…

Peran Guru Dalam Budaya Positif

Novitasari Tamvaty, S.Pd SMK NEGERI 2 Seluma Guru merupakan pendidik yang bukan hanya sekedar memberikan…

,

Ribuan Perangkat Desa, Demo di Kantor Bupati Seluma

PEMATANG AUR – Ribuan gabungan perangkat desa yang ada di wilayah Kabupaten Seluma, tergabung dalam…

, ,

Mau Jadi Kades, Wajib Vaksin, E,,Pemilih Juga Ya

PEMATANG AUR – Pilkades serentak di Kabupaten Seluma, akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2022….

,

Kepala Sekolah Siap-Siap Ya, Mutasi Sudah Dekat

PEMATANG AUR – Setelah melakukan beberapa kali mutasi di jabatan struktural, pemerintah daerah juga akan…

Pelayanan 4 OPD di BS, Masih Kuning

BENGKULU SELATAN – Asisten I Sekda BS Yunizar hasan,SH menuturkan, Ombusman tingkat Provinsi melaporkan kepada…

Panen Semangka dan Jagung di Kebun Polres BS

BENGKULU SELATAN – Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan, Barli Halim, SE kemarin menghadiri kegiatan panen…

Kecewa dengan Disnaker, Lapor ke Gubernur

BENGKULU – Kecewa dengan pelayanan yang diberikan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu atas…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading