Jumat, 21 Januari 2022

Ijin Kuari di Talang Giring Minta Dicabut

Angkasanews.id-
Selasa, 12 Oktober 2021 | 01:12WIB
2 menit baca
cabut (1)
16859678893602362891

TALANG SALING – Tim terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma pada Senin (11/10) akhirnya menggelar rapat. Pasca peninjauan langsung yang telah dilakukan beberapa hari yang lalu. Pada tambang galian C milik CV RCA Berkah Mandiri yang berada di Desa Talang Giring, Kecamatan Lubuk Sandi. Rapat Tim terpadu tersebut dilaksanakan di aula kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PPTSP) Kabupaten Seluma. Dari hasil rapat yang telah dilakukan oleh tim terpadu Pemkab Seluma. Yakni terdiri dari Zdinas DPM-PPTSP, DLH, Disnakertrans, Dinas PUPR, BKSDA dan Camat Lubuk Sandi. Mengusulkan untuk mencabut IUP dan menghentikan seluruh aktifitas kegiatan penambangan galian C tersebut. Kepada Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, melalui Bupati Seluma Erwin Octavian. “Atas dasar adanya indikasi temuan inilah. Kami Tim terpadu mengusulkan ke Gubernur melalui Bupati Seluma, untuk mencabut IUP CV RCA Berkah Mandiri,” sampai Kepala DPM-PPTSP Kabupaten Seluma, Drs Mahwan Jayadi.
Hal tersebut diketahui, dari hasil rapat yang telah dilaksanakan. Terdapat temuan indikasi pelanggaran berat yang diperoleh dari hasil peninjauan yang telah dilakukan di lapangan. Yakni berupa pemindahan alur sungai yang berdampak terhadap lingkungan sekitar, pengerukan material di luar lokasi izin dan adanya indikasi take over kepemilikan IUP OP ke pihak lain. Dari pantauan Radar Seluma, pada pelaksanaan rapat tersebut. Juga terlihat beberapa perwakilan masyarakat juga ikut hadir di kantor DPM-PPTSP Kabupaten Seluma, untuk memantau rapat yang dilakukan oleh tim terpadu. Dari hasil rapat tersebut, terlihat disambut positif masyarakat sekitar, karena telah berdampak terhadap areal perkebunan warga yang ada di sekitar tambang galian C tersebut. “Momen inilah yang kami tunggu-tunggu, karena dampak lingkungannya sudah terjadi sejak 3 tahun yang lalu,” kata Siaga Suhadi Anggota BPD Desa Arang Sapat.
Bahkan, hasil rapat Tim terpadu inilah yang diharapkan oleh masyarakat. Masyarakat juga akan mengawal permasalahan tersebut. Bahkan hingga pemberhentian seluruh aktivitas di galian C tersebut. Bahkan diakui juga, jika permasalahan ditambang galian C tersebut telah berjalan sejak dua tahun yang lalu. Hanya saja sejak dua tahun yang lalu, permasalahan tersebut tak kunjung selesai. “Jadi saat inilah momen yang ditunggu-tunggu, akan tetap dikawal. Izin itu ada, hanya telah melewati batas yang telah ditentukan dan tidak sesuai dengan prosedur,” tambah Siaga.(ctr)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

,

Mobnas Desa Digunakan Jualan Sayur

TAWANG REJO – Mobil dinas Desa Tawang Rejo, Kecamatan Air Periukan kabarnya pada Rabu (19/1)…

, , ,

Warga Miskin Bengkulu Berkurang Hingga 14 Ribu Jiwa

BENGKULU – Meskipun pandemi, yang disebut-sebut menjadi penyabab sulitnya ekonomi, ternyata bertolak belakang dengan data…

Dukcapil Tambah Alat Cetak KIA dan KTP-EL

PEMATANG AUR – Dalam menunjang kegiatan dan juga kinerja, pada saat ini Dinas Kependudukan dan…

,

TPI Pasar Seluma Naik Level Jadi PPI

PASAR SELUMA – Status Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang ada di wilayah Desa Pasar Seluma,…

,

Vaksin Jembrana di BS, Kosong

BENGKULU SELATAN � Vaksin jemberana dari Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan…

,

Radar Seluma, Isi Pelatihan Jurnalistik di SMKN 2

KAMPAI – Sebanyak 42 Pelajar SMK Negeri 2 Seluma mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar kemarin,…

, ,

Minyak Goreng Mulai Susah Ditemukan di Seluma

SUKARAJA – Usai mengalami penurunan harga dan setelah diserbu oleh pembeli, minyak goreng saat ini…

, ,

Sopir Laka Maut Ditetapkan Tersangka

SELEBAR – Kecelakaan maut di Desa Napalan Kecamatan Talo Kecil, yang menewaskan GA seorang pelajar…

, , ,

Melirik Pesona Objek Wisata Pandan

SELUMA UTARA – Bicara Objek wisata di Kabupaten Seluma cukup banyak. Namun, beberapa potensi wisata…

, ,

Distan Siapkan 500 Dosis Vaksin Jembrana

PEMATANG AUR – Dalam upaya mengendalikan penyebaran virus jembrana yang menyerang ternak sapi warga di…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading