Senin, 27 September 2021

Dugaan Korupsi, Sekwan DPRD Seluma Ditahan Jaksa

Angkasanews.id-
Kamis, 21 Januari 2021 | 02:06WIB
2 menit baca
16859678893602362891

SELEBAR – Setelah sebelumnya dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma. Ditetapkan tersangka dan telah menjalani sidang dalam kasus korupsi di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma. Yakni pada item perjalanan dinas, BBM dan suku cadang kendaraan DPRD Kabupaten Seluma. Kembali, pada Rabu (20/1) siang kemarin. Pihak Kepolisian Penyidik Subdit Tipidkor Reskrimsus Polda Bengkulu melakukan pelimpahan terhadap satu orang ASN yang kembali ditetapkan statusnya sebagai tersangka dalam kasus yang sama. Satu orang yang dilimpahkan berkas tahap dua tersebut yakni diketahui berinisial ES yang menjabat sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Seluma. Dalam kasus tersebut ES diketahui sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).
“Iya hari ini (Kemarin, Red) telah dilakukan pelimpahan tahap dua dari Polda. Terhadap satu orang tersangka dalam kasus perjalanan dinas, BBM dan suku cadang kendaraan DPRD Kabupaten Seluma. Yakni, Sekwan DPRD Seluma,” sampai Kajari Seluma, Muhammad Ali Akbar, SH, MH melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Ahmadi, SH saat dikonfirmasi Radar Seluma.
Dikatakan Ahmadi, pelaksanaan pelimpahan berkas tahap dua terhadap satu orang terduga dalam kasus dugaan korupsi di Sekretariat DPRD Kabupaten Seluma dilaksanakan di Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu. Pelimpahan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB. Dimana, pada saat mendatangi Kajati Bengkulu terduga tersangka belum memakai rompi tahanan. Hanya saja, setelah dilakukan pelimpahan tahap dua. Saat akan digelandang ke Rumah Tahanan (Rutan) Polda Bengkulu. Sekwan DPRD Kabupaten Seluma keluar dengan menggunakan rompi Orange (Rompi Tahanan) yang bertuliskan nomor 5. Dari kantor Kajati Bengkulu, terduga tersangka sangsung dibawa ke Rutan Polda Bengkulu, untuk dilakukan penahanan. “Iya ditahan di Rutan Polda Bengkulu. Dititipkan disana,” tegasnya.
Sebelumnya terlebih dahulu telah ditetapkan dua orang tersangka dan telah menjalani sidang. Kedua terpidana sebelumnya diketahui bernama Samsul Asri yang diketahui merupkan mantan Bendahara Sekretariat DPRD Seluma. Serta Feri Lastoni yang diketahui selaku mantan PPTK pada perjalanan dinas, BBM dan suku cadang kendaraan DPRD Kabupaten Seluma.
Jaksa Penuntut Umum (JPU) berpendapat, agar ke dua terdakwa dilakukan penahanan terlebih dahulu. Sebagaimana pertimbangan dalam Pasal 21 KUHP. Ada kekuatiran dari JPU terdakwa melarikan diri dan menghilangkan barang bukti. Sehingga dilakukan penahanan. Pihak Kejaksaan juga diketahui telah mentuk tim dari Kejaksaan Tinggi Bengkulu dan Kejaksaan Negeri Seluma. Di dalam melakukan proses lanjutan (Persidangan) terhadap ke dua terdakwa. Untuk kerugian dalam kasus tersebut mencapai kurang lebih Rp 900 jutaan. Dari total kerugian tersebut saat ini telah dilakukan pengembalian. “Kedua terdakwa ini didawakan pada Pasal 2, Pasal 3 dan Pasal 9 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 Ke 1 KUHP. Untuk ancaman terberat ada di Pasal 2 yakni ancaman penjara selama 20 tahun. Paling singkat 4 tahun dan denda minimal Rp 200 juta,” pungkasnya.(ctr)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Tanyakan Pengembalian Kerugian Negara Warga Desa Muara Danau Datangi Inspektorat

PEMATANG AUR – Untuk memastikan pengembalian kerugian negara dari hasil audit yang telah dilakukan oleh…

HD Oto Ditiru Walikota Palembang, Ini Kata Helmi Hasan

BENGKULU – Program fenomenal Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi yakni HD…

Pembagian PKHD di Pematang Gubernur Diwarnai Tetesan Air Mata Warga

Mimik muka haru dan bahagia terpancar dari salah satu warga warga Kelurahan Pematang Gubernur atas…

Belum Ada Rencana Mutasi di BS

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE.MM dan Wakil Bupati BS, H…

,

Biaya Seragam di SMAN 3 Seluma Capai Rp950 ribu

PADANG PELASAN – Wali murid siswa SMAN 03 Seluma Padang Pelasan, Kecamatan Air Periukan diminta…

Pemprov Uji Coba 50 Persen ASN WFO

BENGKULU – Provinsi Bengkulu masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level II, yang memiliki…

Helmi : Tak Usah Malu Sedekah, Walaupun Kecil

BENGKULU – Walikota Bengkulu Helmi Hasan angkat bicara mengenai adanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang…

Pemilik Warem Bantah Afrijal Minum di Tempatnya

SELUMA – Pemilik Warem di Semidang Alas, Dedi membantah jika Afriadi, minum minuman keras di…

Wabup BS Kunjungi Rutan Banjir

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi,S.Sos mengintruksikan Wakil Bupati (Wabup) BS, H.Rifai…

Diduga Tenggak Miras Oplosan, Warga Ilir Talo Meninggal

SELEBAR – Diduga lantaran usai mengkonsumsi Minuman Keras (Miras) oplosan disebuah Warung Remang-remang (Warem) seorang…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading