Sunday, May 22, 2022
spot_img
HomeNasionalWalhi Minta Polda Usut Tambang Pasir Besi

Walhi Minta Polda Usut Tambang Pasir Besi

PASAR SELUMA – Polemik tambang pasir besi yang kembali mencuat di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Tak hanya menjadi sorotan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Wilayah II Seluma. Melainkan juga menjadi sorotan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) yang tak tinggal diam dengan kembali beroperasinya tambang pasir besi tersebut.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Nasional WALHI, Zenzi Suhadi yang akhirnya angkat bicara. Menurutnya, upaya untuk mengeksploitasi tambang pasir besi yang berada di pantai Pasar Seluma tersebut. Sudah 13 tahun yang selalu gagal dan pergantian investor yang selalu merugi. Hal tersebut
Hal tersebut dikarenakan, pertambangan tersebut berhadapan dengan Negara dan rakyat.
“Saya menyarankan kepada Polda Bengkulu bersama BKSDA, melakukan penegakan hukum terhadap upaya eksploitasi di kawasan konservasi Cagar Alam. Karena Cagar Alam ini statusnya sudah ditetapkan dan mempunyai kekuatan hukum tetap,” sampai Zenzi
Dirinya juga mengingatkan kepada pihak-pihak yang mendorong pertambangan tersebut. Jika konflik horizontal di lokasi tambang pasir besi tersebut sudah 13 tahun. Dengan melibatkan banyak sekali masyarakat desa dan memunculkannya trauma yang tidak sedikit.
Dimana, upaya untuk mengaktivasi kembali tambang pasir besi tersebut. Nantinya akan membuka luka lama rakyat dan pihaknya tidak begitu yakin terhadap orang-orang yang merasa tokoh yang menggerakkan pertambangan tersebut. Nantinya akan mampu untuk menyelesaikan konflik yang akan dapat muncul nantinya.
“Saya tidak merasa yakin orang-orang yang merasa tokoh menggerakkan pertambangan ini. Akan mampu menyelesaikan komplik yang akan terjadi dikemudian hari. Saya akan selalu bersama masyarakat di pesisir Seluma,” tegasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments