Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeNasionalTolong Dipatuhi! Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Memaksakan Diri Salat

Tolong Dipatuhi! Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Memaksakan Diri Salat

radarseluma.disway.id – Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada seluruh Jemaah haji Indonesia untuk tidak memaksakan diri sholat di Masjidil Haram.

Imbauan itu menyusul, meningkatnya cuaca di Arab Saudi sangat panas.

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi (NCM) memprediksi suhu tertinggi di Mekah dan Madinah saat musim Haji tahun ini mencapai 43 derajat Celsius.

Sedangkan suhu terpanas di Arab Saudi dapat menyentuh angka 46 derajat Celsius, sementara suhu terendahnya 32 derajat Celsius.

Untuk itu, jamaah calon haji diimbau untuk tidak beraktivitas di luar untuk menjaga kondisi fisik hingga waktu wukuf tiba.

“Di setiap hotel telah disediakan fasilitas ibadah atau mushala. Kami mengimbau kepada seluruh jamaah untuk dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Jubir PPIH Kemenag Akhmad Fauzi, Selasa 21 Juni 2022.

“Jamaah tidak harus memaksakan diri untuk selalu shalat di Masjidil Haram,” sambungnya.

“Hal ini penting agar jamaah dapat menjaga waktu istirahat dengan cukup, mengingat pelaksanaan wukuf masih lama,” lanjutnya.

Selain itu, Kemenag juga mengajak PPIH kloter dan sektor untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan. Menurutnya, sampai hari ini tercatat ada 164 persoalan yang ditangani PPIH Sektor Khusus Masjidil Haram

“Sejumlah persoalan yang kerap ditemui, seperti jamaah kelelahan yang berlebih, sehingga terpisah dari rombongan, sakit, dan perlu bantuan untuk menyelesaikan ibadahnya,” tuturnya.

Adapun sebanyak 51.987 calon haji telah diberangkatkan ke Tanah Suci hingga saat ini, baik yang mendarat di Madinah maupun Jeddah. Sementara 1.234 calon haji khusus juga telah tiba di Arab Saudi.

“Sementara untuk penerbangan hari ini, terdapat 4.799 calon haji gelombang kedua yang akan kembali diberangkatkan menuju Jeddah,” sebutnya.

Mereka terbagi dalam 13 kloter dan berangkat dari 10 embarkasi.

“Jamaah yang sakit tercatat ada 108 calon haji reguler, terdiri atas 98 orang rawat jalan, tujuh orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan dua orang dirawat di RSAS. Jamaah wafat sebanyak tujuh orang,” punkasnya. (disway.id)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments