Wednesday, August 10, 2022
spot_img
HomeSELUMASumur Tercemar Banjir, Pemda Turunkan Alat Penyedot

Sumur Tercemar Banjir, Pemda Turunkan Alat Penyedot

PEMATANG AUR – Pemerintah daerah Kabupaten Seluma menurunkan sejumlah mesin sedot serta petugas untuk dikerahkan menguras sumur-sumur warga yang terendam dan tercemar material banjir beberapa waktu lalu. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan akses warga terhadap air bersih yang sejak dilanda banjir lalu belum terpenuhi. Petugas BPBD akan berkeliling ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir untuk menguras sumur-sumur yang tercemar material lumpur dan lainnya.
Sementara ini kebutuhan air bersih sudah disuplai sejumlah mobil tanki oleh salah satu Ormas dan juga pemerintah daerah. Selain melakukan penyedotan terhadap sumur yang tercemar, petugas juga dikerahkan untuk melakukan pengasapan atau fogging. Adapun titik pelaksanaan kegiatan antara lain di Kecamatan Ilir Talo, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Semidang Alas Maras.
Kegiatan ini langsung dikoordinir oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Seluma H Hendarsyah, S.I,p MT, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Almidian Saleh, SKM, ME serta Asisten Administrasi Umum Riduan Sabrin, ST. “Berdasarkan instruksi dari Bapak Bupati, seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma melaksanakan kegiatan fogging dan sedot sumur warga terdampak banjir,” ungkap Hendarsyah.
Banjir yang melanda beberapa desa di Kabupaten Seluma beberapa waktu yang lalu menyebabkan rumah warga terendam air dan sumur milik warga juga tercemar lumpur yang membahayakan kesehatan jika air tersebut dikonsumsi. Dengan pengurasan sumur ini diharapkan air yang kotor dapat dibuang dan sumber mata air akan kembali mengeluarkan air yang bersih sehingga dapat dikonsumsi kembali. Normalisasi tersebut untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat akan kebutuhan air bersih, sehingga air sumur tersebut aman untuk dikonsumsi dan baik bagi kesehatan.
Dikonfirmasi terpisah, Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE menuturkan bahwa pasca musibah banjir kali ini seluruh OPD diminta untuk cepat tanggap. “Saat banjir seluruh OPD sudah kita kerahkan, dan kini pasca banjir juga sedang dalam penanganan,” tukasnya. (adt)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments