Thursday, May 19, 2022
spot_img
HomeSELUMAGawat!! Banyak Sapi Warga Mati Mendadak

Gawat!! Banyak Sapi Warga Mati Mendadak

PASAR TALO – Belasan ekor ternak sapi milik warga mati mendadak. Diduga akibat terserang penyakit jembrana. Diungkapkan salah satu warga Desa Pasar TALO Robby (35) dikonfirmasi kemarin Minggu (16/1), penyakit sapi jambrana ini sangat berbahaya dan menular ke ternak lainnya. Dijelaskannya, sudah ada tiga sapi warga yang tidak bisa diselamatkan dan mati mendadak dan belasan sapi lainnya sempat diselematkan dan dipotong untuk dijual. Warga setempat mengeluh dan mengalami kerugian yang cukup besar. ”Warga sudah melakukan koordinasi kepada pihak dokter hewan di Provinsi Bengkulu. Dokter hewan akan segera turun ke desa untuk melakukan suntik ternak hewan milik warga,”ujarnya.
Serangan penyakit jambrana ke ternak hewan warga sudah terjadi di Desa Margo Sari, saat itu belasan ternak piharan warga mendadak mati. ”Hanya dalam beberapa bulan, penyakit sapi ini kembali terjadi di desa kami dan beberapa ternak warga tidak bisa makan dan lemas hingga mati,”jelasnya.

Penyakit jambrana sangat berbahaya, bisa menular ke hewan lainnya. ”Jika tidak halangan pihak dokter hewan dari Bengkulu akan segera turun ke lokasi untuk melakukan suntik ternak hewan, agar tidak menyebar dan menular dengan sapi lainnya. Kalau saya mengalami kerugian kurang lebih 8 juta, bukan hanya saya. Warga Desa Pasar Talo banyak mengalami kerugian. Kami berharap petugas ternak dapat segera melakukan pengobatan agar tidak mati semua,”terangnya.
Kesimpulan penyakit jembrana ini, baru berdasarkan hasil pemeriksaan petugas peternakan setempat, tetapi pemeriksanaan belum uji laboratorium. (apr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments