Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomePolitikSeluma Gagal Pertahankan WTP

Seluma Gagal Pertahankan WTP

radarseluma.comPEMATANG AUR – Tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma gagal mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hasil penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2021 lalu. Tahun ini Pemerintah Daerah hanya mendapatkan opini dari BPK berupa Wajar Dengan Pengecualian. Terkait dengan hal tersebut Bupati Seluma Erwin Octavian, SE mengungkapkan akan menjadi motivasi pemerintah daerah sehingga lebih baik lagi ke depannya. “Ya betul tahun ini kita mendapatkan opini WDP. Ini merupakan cambukan bagi kita pemerintah daerah sehingga ke depan kita bisa menjadi lebih baik lagi. Dan optimis tahun berikutnya kita akan kembali meraih WTP. Meskipun demikian hasil penilaian Sakip tahun ini kita mengalami peningkatan di mana dengan predikat B. Sedangkan tahun 2022 kita hanya C artinya pemerintah saat ini sudah mulai mengarah ke baik,” kata Erwin, kemarin (23/5).
Kegagalan Kabupaten Seluma untuk kembali meraih WTP sendiri disinyalir akibat ada sejumlah temuan. Informasinya lagi temuan tersebut di Sekretariat DPRD, dan Sekretariat Daerah. Namun untuk nominalnya masih belum diketahui. Untuk hasil LHP sendiri sudah diserahkan ke DPRD Kabupaten Seluma untuk ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.
Ketua DPRD Kabupaten Seluma Nofi Eriyan Andesca, S.Sos menyampaikan terkait dengan LHP BPK terhadap LKPD tahun 2021 akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Panitia Kerja (Panja). Sementara itu opini WDP itu sendiri informasinya dipengaruhi oleh temuan BPK atas sejumlah permasalahan. Seperti adanya kelebihan pembayaran pada barang habis pakai, jasa kantor dan belanja pemeliharaan. Kelebihan pembayaran itu informasinya mencapai Rp3,1 miliar. Selain itu, pada realisasi belanja perjalanan dinas, ditemukan ketidaksesuaian senilai Rp Rp1,9 miliar. Jumlah tersebut meningkat dari tahun anggaran 2020 yang hanya Rp1,14 miliar.(adt)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments