Saturday, May 28, 2022
spot_img
HomeSELUMASejarah Desa BP I Seluma

Sejarah Desa BP I Seluma

SUKARAJA – Bukit Peninjauan I (BP I) adalah sebuah desa tranmigrasi tahun 1972 berjumlah 400 KK. Mereka berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogjakarta. Saat tiba mereka sudah ada pemerintahan sendiri. Mengapa dikatakan BP I, berikut penelusuran Radar Seluma. 

BPI adalah sebuah pebukitan yang letaknya persis di belakang Desa Cahaya Negeri. Bukit itu cukup tinggi bila dilihat dari Cahaya Negeri. Untuk menuju ke sana harus melewati persawahan gambut yang dalam serta sungai.

BPI di kelilingi sawah dan sungai. Saat musim hujan dan banjir BP I adalah titik teraman dari bahaya banjir karena letaknya memang jauh lebih tinggi dari pemukimn lain. Karena letaknya tinggi tersebut lokasi trans itu dinamakan Bukit Peninjauan yang berarti bukit tempat meninjau atau mengawas saat banjir tiba.

Saat awal berdirinya trans BP I warga yang ikut transmigrasi hanya 400 KK. Seiring dengan berjalannya berjalannya waktu, jumlah pendudukpun berkembang dengan pesat, KK pun juga demikian dan daerah itu menjadi pemukimn yang padat. 

Akhirnya menjelang pemekaran Kabupaten Seluma, BP I dimekar jadi 3 desa yaitu sebelah utara mekar menjadi desa Sumber Arum, sedang sebelah timur menjadi Desa Sido Luhur. 

Sekarang BP I dibagi 7 wilayah dusun dihuni 1.944 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 616. Luas areal desa tinggal 323 HA terbagi 21 HA adalah areal persawahan, dan 151 arel kebun, sisanya adalah pemukiman warga.

Aset pendidikan yang dimiliki BP I berupa 1 SMP, 2 SD, 1 MTs, dan 1 PUD, sarana kesehatan 1 pustu, serta sarana fasilitas umum berupa lapangan sepak bola dan komplek perkantoran desa. Seperti kantor desa, Gedung Posyandu, perpustakaan desa, balai desa, posbindu yang tergabung dalam luas pasum 68.49 HA. 

Warga BPI kebanyakan berprofesi sebagai petani, buruh, pegawai swasta, PNS, TNI/Polri, dan profesi lainnya. Dari segi kepemimpinan pemerintahan desa, BP I sudah 5 kali berganti kepala desa. 

Kades pertama Rabimun menjabat selama 3 periode dari tahun 1972 – 2002. Kades kedua Rusli menjabat 1 periode dari tahun 2002- 2008. Mahyudin 2008-2018. Sultan Sahrir (pjs). Suheri dari tahun 2019 sampai sekarang. BP I berbatasan dengan dengan 5 desa yaitu sebelah utara dengan Sumber Arum, sebelah timur Sido Luhur, sebelah selatan Sido Sari dan Sari Mulyo, sebelah barat Talang Semut. (**)

Penulis : M. Rasul, Radar Seluma

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments