Saturday, May 28, 2022
spot_img
HomeBusinessPerlahan Harga TBS Mulai Naik

Perlahan Harga TBS Mulai Naik

radarselumaonline.com AIR TERAS – Harga tandan buah segar (TBS) Sawit di Pabrik PT. Bengkulu Sawit Lestrai II (BSL) Air Teras, ternyata belum juga mencapai Rp. 2000/kg. Padahal di beberapa tempat seperti pabrik AIP Tumbuan, harga sudah di angka Rp. 2.200. Namun dalam dua hari ini, harga di PT. BSL 2 sudah naik Rp 1.900 perkilogram,
Dikatakan toke sawit Agi dikonfirmasi kemarin (11/5), sekarang ini truk angkutan buah sawit sudah mulai berdatangan di pabrik BSL. Sayangnya truk angkutan sawit mulai mengalami antrian di pintu masuk PT karena pihak pabrik membatasi untuk pembongkaran dalam satu hari, hanya 100 mobil. ” Harga sawit naik baru dua hari ini. Mudah-mudahan sawit kembali naik. Sekarang ini pembeli sawit di RAM ada 1.400 dan ada 1.500 per kilogram,’’jelasnya.
Dalam beberapa hari terakhir harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit bergerak naik ke level Rp 1.900/Kg. Hal ini juga dibarengi hasil panen yang memuaskan, sehingga petani sawit di daerah terus bergairah.
Agi mengakui harga TBS di tingkat petani juga ikut bergerak naik, meskipun ada perbedaan dengan harga pabrik. “Harga ada perbedaan sekitar Rp 300 hingga Rp 400/kg, tergantung kualitas sawit. Sebab biaya angkutan ke pabrik ditambah lagi biaya lainnya. Begitu pun harga tersebut sudah bagus bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan kenaikan harga sawit petani kembali bergairan untuk mengurus perkebunan mereka,’’jelasnya. (apr)

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments