Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeNasionalPembangunan IAIN dan Pelabuhan Nusantara, akan Majukan Seluma

Pembangunan IAIN dan Pelabuhan Nusantara, akan Majukan Seluma

radarselumaonline.com PEMATANG AUR – Pemerintah Kabupaten Seluma sangat berharap terhadap dua pembangunan besar yang rencananya akan dibangun di wilayah Kabupaten Seluma. Dua pembangunan besar tersebut yakni, pembangunan Pelabuhan Nusantara yang direncanakan akan dibangun di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Serta rencana pembangunan Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati yang direncanakan akan dibangun di  Desa Jenggalu, Kecamatan Sukaraja. Rencana pembangunan tersebut dilakukan lantaran Kabupaten Seluma yang tergolong masih tertinggal dari daerah lainnya yang berada di wilayah Provinsi Bengkulu. Jika nanti dua pembangunan tersebut bisa terwujudkan. Diyakinkan akan memberikan dampak besar terhadap perkembangan daerah. “Kita sangat berharap pembangunan besar dibangun di Kabupaten Seluma. Seperti Pelabuhan Nusantara di Pasar Seluma dan pembangunan UIN Fatmawati di Jenggalu,” sampai Wakil Bupati Seluma, Drs Gustianto.
Pemerintah Kabupaten Seluma pada saat ini juga sedang gencar mencari investor yang siap melakukan pembangunan di Kabupaten Seluma. Namun investor yang lebih pada pembangunan yang tidak berdampak pada pencemaran lingkungan. Terbaru Pemerintah Kabupaten Seluma akan melaksanakan penandatanganan hibah lahan seluas 24,8 hektare di Desa Talang Kebun, Kecamatan Lubuk Sandi. Yakni untuk pembangunan Resimen I Brimob.
Pembangunan seperti itu diyakini akan membawa perubahan baik sektor ekonomi masyarakat mau kemajuan daerah. Seperti pelabuhan jika benar terwujud nanti akan menjadi pelabuhan tersebut semua kapal akan bersabar disana sehingga berdampak pada masukan daerah bergeraknya ekonomi rakyat. Kemudian daerah akan menjadi ramai. Dengan itu akan timbul investor baru seperti hotel dan lainnya. “Ini masih dalam proses. Kita sangat berharap ini bisa terwujud. Karena dampaknya positif akan luar bisa,” terangnya.
Sementara itu, jika kampus II UIN berdiri di Desa Jenggalu perputaran ekonomi semakin cepat. Hal tersebut dikarenakan, akan ada ribuan mahasiswa yang tinggal di Kabupaten Seluma. Masyarakat bisa mendirikan usaha kost. Bahkan Tahapan Pasar Seluma akan menjadi Pelabuhan Nusantara saat ini langkah awal pelabuhan telah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu bertahap akan diusulkan ke pemerintah pusat. Namun untuk pembangunan kampus II UIN Fatmawati lahan yang direncanakan di Eks HGH Sahbudin masih bermasalah. Lahan seluas 60 hektar sebagian dikuasai masyarakat.(ctr)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments