Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeSELUMAUsai Kades Dipecat, Padang Kelapo Segera Pilkades

Usai Kades Dipecat, Padang Kelapo Segera Pilkades

 

]PEMATANG AUR – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Padang Kelapo, kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma, akan digelar tahun ini. Ini guna mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Onzaidi, pasca diberhentikan  Bupati Seluma beberapa waktu lalu. Asisten I Setda Seluma, Mirin Ajib mengatakan bahwa, Pjs Kades tidak dapat terlalu lama menjabat. Selain itu sisa masa jabatan Kades Padang Kelapo saat ini masih menyisakan empat tahun. “Karena masa jabatannya masih lama, maka dari itu Pilkades Pengangkatan Antar Waktu (PAW) harus segera dilakukan, nanti Pjs Kades yang akan menyelenggarakan dalam enam bulan kedepan, nanti sistemnya musyawarah,” kata Mirin, kemarin.

Menurutnya, terkait penolakan dari sejumlah warga, Pemkab Seluma telah melakukan mediasi dan penjelasan, sehingga tidak ada lagi penolakan warga terhadap Pjs Kades. “Sudah kami lakukan mediasi kepada warga, dan kami berikan penjelasan. Warga sudah setuju dengan adanya Pjs Kades, agar bisa melaksanakan penyusunan APBDes dan kegiatan lainnya,” sampainya.

Pemkab Seluma berharap seluruh pekerjaan yang belum sempat diselesaikan, dapat dituntaskan oleh Pjs Kades bersama perangkat desa. Selain itu situasi juga diharapkan kondusif tanpa ada gejolak seperti yang terjadi 2020 lalu.

Sempat Terjadi Polemik

 Sebelumnya,s empat terjadi polemik  di Desa Pondok kelapo Kecamatan Semidang Alas Maras, usai kadesnya diberhentikan. Bahkan sebelumnya, Senin lalu sejumlah warga Desa Padang Kelapo mendatangi Kantor Kecamatan, memprotes penunjukan Pjs kades. Dimana mereka tidak terima PJs Kades bukan ASN di lingkungan Kecamatan Semidang Alas Maras. Camat Semidang Alas Maras Jeswan Edi, S. Sos dikonfirnasi kemarin (16/2) mengatakan, semua persoalan sudah dilaporkan ke Pemda Seluma. termasuk kedatangan sejumlah warga yang melakukan protes soal Pjs Kades. ‘’Hal tersebut sudah kami sampaikan kepada pihak Pemda Kabupaten. Bahkan hari ini (kemarin-red) Asisten I Pemda Seluma Mirin Ajib bersama Dinas PMD Kabupaten Seluma dan Kasat Intel Polres Seluma, Polsek Semidang Alas Maras, Danramil Semidang Alas pihak Kecamatan melakukan kunjungan di Desa Padang Kelapo. Dalam kunjungan tersebut, Pak Mirin melakukan tatap muka dengan perangkat Desa dan BPD serta tokoh masyarakat. Dalam kunjungan tersebut pemerimtah Kabupaten Seluma melalui Asisten I melakukan sosialisasi dengan masyarakat dan perangkat tentang percepatan roda pemerintahan dan pembangunan di Desa Padang Kelapo,’’ujarnya.

Dikatakan Camat, dalam penyampainnya, Asisten I mengharapkan kepada masyarakat Desa Padang Kelapo untuk menerima Pjs Kades tersebut untuk mempercepat program pembangunan desa. Pjs Kades merupakan keputusan Bupati Seluma, mau tak mau yang menjalakan tugas roda pemerintahan desa adalah PJs Kades yang baru dilantik beberapa waktu lalu.
Pjs Kades memiliki beban dan tanggung jawab yang cukup berat dalam waktu dekat ini Pjs harus mempersiapkan Pemilihan BPD dan mempersiapkan Pemilihan Kepala Desa.
Pemerintah mengharapkan kepada masyarakat pada Kelapo untuk menerima Pjs ini selama enam bulan untuk mempercepat pemerintah Desa. “Untuk sementara, supaya proses pemerintah Desa Padang Kelapo tetap berjalan pihak Kecamatan menyediakan satu ruangan untuk perangkat Desa dan Pjs Kades serta BPD ngantor di Kantor Kecamatan sampai suasana aman,’’jelasnya.
Disamping itu, Camat menyampikan bahwa kantor desa tidak disegel, namun kunci kantor ganti baru untuk keamanan seluruh aset Desa yang ada di dalam kantor desa tersebut. (ndi)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments