Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeBusinessHarga TBS Tinggal Rp 500 di Petani Seluma

Harga TBS Tinggal Rp 500 di Petani Seluma

radarselumaonline.com SELUMA – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di wilayah Kabupaten Seluma pada saat ini terjun bebas. Dimana dari pengakuan para petani yang berada di wilayah Kabupaten Seluma, untuk harga TBS kelapa sawit kini sudah tidak sebanding dengan biaya perawatan dan operasionalnya. Lantaran sudah mengalami anjlok jauh di bawah Rp 1000 perkilogram nya.

Seperti yang disampaikan salah seorang petani kelapa sawit Mawan (45) warga Kelurahan Dusun Baru, Kecamatan Seluma yang kecewa dengan harga TBS kelapa sawit yang saat ini hanya dihargai Rp 500 perkilogramnya. Mau tidak mau, para petani terpaksa memanen kelapa sawitnya ditengah anjloknya harga TBS saat ini. Daripada dibiarkan membusuk, karena dapat merusak tanamannya.

“Harganya udah tidak sesuai lagi dengan biaya perawatan. Mana pupuk mahal, biaya operasional juga tinggi. Masa kini anjlok jauh tinggal terima bersih Rp 500 per kilogramnya”, sampai Mawan.
Hal yang serupa juga diungkapkan Tarman (45) seorang petani sawit Desa Bukit Penijauan (BP) II, Kecamatan Sukaraja yang juga mengatakan jika harga TBS sawit jika dibandingkan dengan biaya perawatan dan operasionalnya tidak balik modal. Karena harga pupuk saja sudah Rp 800 ribu persak. Belum biaya perawatan upah panen, upah angkutan dan lainnya. Namun jika tidak dipanen dikuatirkan akan merusak tanaman lain akibat membusuk.

“Harga sekarang paling tinggi Rp 800 perkilogramnya, jual ke pengepul. Hp saat ini turun terus. Pupuk saja tidak terbeli dan modal yang sudah dikeluarkan tidak balik,” terangnya.
Nasib petani sawit yang sumber ekonomi tergantung dengan hasil sawit saat ini sangat krisis. Diperparah dengan harga sembilan bahan pokok (Sembako) yang saat ini terus mengalami kenaikan.
“Tidak tau sekarang mau gimana, harga sawit murah, semua Sembako naik. Mana sebentar lagi anak mau masuk sekolah mas,” ujarnya.

Dirinya juga mengaku, dengan harga sawit yang mengalami turun drastis. Membuat pinjaman dan kredit tidak bisa terbayar. Sehingga dirinya meminta pemerintah untuk dapat segera bertindak. Dengan mencari solusi persoalan turunkan harga TBS sawit pada saat ini.
Sementara itu, di tingkat pabrik CPO harga TBS kelapa sawit kini rata-rata hanya berkisar Rp 1100 perkilogram nya. Dengan sejumlah alasan klasik dalam penetapan harganya yang tidak sesuai dengan surat edaran Gubernur Bengkulu.(ctr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments