Saturday, May 28, 2022
spot_img
HomeEkonomiHarga TBS Capai Rp3.000/Kg

Harga TBS Capai Rp3.000/Kg

TUMBUAN – Harga Tandan Buah Segar (TBS) di pabrik mencapai Rp3.000 per Kilogram. Untuk di PT AIP III yang berada di Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi harga TBS per Kilogram saat ini adalah Rp2.925. Sedangkan untuk harga TBS di pabrik Agri Andalas lebih mahal Rp25 per Kilogram, yaitu Rp2.950. Sekarang banyak tengkulak atau toke yang memilih untuk menjual TBS ke Agri Andalas.
Sedangkan untuk harga di ramp, selisihnya dengan harga di pabrik adalah Rp100 per Kilogram. Kisaran harga TBS di ramp saat ini adalah Rp2.825 hingga Rp2.850 per Kilogram. Untuk di tingkat toke harga TBS saat ini adalah kisaran Rp2.600 per Kilogram. Harga di pabrik tersebut merupakan harga papan terbaru dan kemarin baru mengalami penurunan Rp50 per Kilogram.
Meskipun demikian, petani menyampaikan saat ini hasil panen kebun kelapa sawit mereka mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan masa atret, dan juga pupuk yang diberikan kepada kelapa sawit mereka masih kurang dikarenakan harga pupuk non subsidi saat ini yang lumayan mahal.
Sementara itu, toke lebih memilih untuk menjual TBS ke PT Agri Andalas karena di sana sortirannya tidak begitu ketat, dan ada selisih harga Rp25 per Kilogram dengan PT AIP. Sedangkan di PT AIP banyak yang beranggapan sortasinya terlalu ketat. Banyak kelapa sawit petani yang tidak masuk spesifikasi di sana.(adt)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments