Thursday, May 19, 2022
spot_img
HomeKesehatanDistan Siapkan 500 Dosis Vaksin Jembrana

Distan Siapkan 500 Dosis Vaksin Jembrana

PEMATANG AUR – Dalam upaya mengendalikan penyebaran virus jembrana yang menyerang ternak sapi warga di wilayah Kecamatan Ilir Talo. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma saat ini telah menyiapkan vaksin Jembrana yang berasal dari bantuan Distan Provinsi Bengkulu. “Jadi ini vaksin Jembrana, kapasitasnya sebanyak 500 dosis . Dengan kapasitas untuk 50 ekor sapi,” jelas Kepala Distan Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP M Si melalui Kabid Peternakan, Hendri Yunan, SP MSi saat dikonfirmasi Radar Seluma.
Sedikitnya, ada sebanyak kurang lebih 500 dosis vaksin yang telah disiapkan oleh Distan Kabupaten Seluma. Untuk menanggulangi penyebaran virus jembrana yang diduga menyerang ternak sapi warga di Desa Pasar Talo, Kecamatan Ilir Talo dan sekitarnya. 500 dosis vaksis jembrana tersebut berasal dari bantuan Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu. Bantuan vaksin Jembrana tersebut pada saat ini juga telah tersimpan di masing-masing Puskeswan yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Dimana nantinya dapat dipergunakan oleh petugas kesehatan hewan setempat, ketika terjadi kasus jembrana. “Di Distan Kabupaten Seluma untuk saat ini ada 500 dosis vaksin,” ujarnya.
Sementara itu, dari sampel daging sapi yang sempat ditemukan mati di Desa Pasar Talo. Hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Namun kuat dugaan akibat virus jembrana yang disebabkan adanya aktifitas mendatangkan sapi dari luar daerah tanpa proses karantina terlebih dahulu. Sehingga dapat menularkan penyakit ke sapi lainnya, hingga sakit dan mengalami mati.(ctr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments