Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeSELUMABupati Seluma Gagas Festival Budaya

Bupati Seluma Gagas Festival Budaya

radarselumaonline.com AMPAR GADING – Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma melalui Badan Musyawarah Adat (BMA) dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan festival budaya Bumi Serawai Serasan Seijoan (BSS). Kegiatan tersebut merupakan gagasan dari Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE. Tidak hanya tahun ini saja, tahun selanjutnya kegiatan festival budaya ini akan terus dilaksanakan. Hal ini juga merupakan aksi nyata program Seluma Beragama dan Berbudaya.
“Saya apresiasi BMA, karena saya nilai sudah luar biasa. Kita tahun ini akan merayakan HUT Kabupaten Seluma nanti melalui rapat ini dapat diputuskan kapan waktu untuk pelaksanaan festival budaya itu. Jadi malam ini merupakan rapat bersejarah untuk pertama kalinya rapat tentang festival seni budaya yang nantinya setiap tahun akan kita laksanakan. Untuk waktu pelaksaan tadi kita sudah sepakati yaitu pada tanggal 10 Juni. Selain festival adat, bakal ada juga pameran. Dan untuk lokasinya sudah kita sepakati yaitu di taman kota Simpang Enam,” kata Erwin, kemarin (9/5).
Terkait dengan malam puncak HUT Kabupaten Seluma yang ke 19, BMA juga akan ikut andil untuk menampilkan kesenian dan budaya. Namun untuk fokus kegiatan kebudayaan akan diselenggarakan usai perayaan HUT Kabupaten Seluma. “Tidak hanya tahun ini. Tahun selanjutnya kita mewajibkan festival ini. Sehubungan dengan festival ini maka ada empat komponen yang akan kita laksanakan ke depan ini. Yang pertama masalah hukum, upacara adat, masalah pakaian adat, dan yang keempat masalah tarian adat. Pada pelaksanaan festival adat nanti empat komponen ini wajib untuk ditampilkan. Supaya unsur adat itu nyata,” sambungnya.
Dikatakan bupati, festival adat ini nanti tidak akan menampilkan perselisihan. Dan tidak juga mempertegas hal-hal lain. “Kita hanya ingin membangkitkan adat. Karena saya sendiri rindu dengan makan tradisi masyarakat serawai atau makan belapiak. Kini sudah jarang, dan kebanyakan kini makan perancis,” tuturnya.
Sementara itu, dalam rapat ini tidak hanya pemuka adat suku Serawai yang hadir, masyarakat dari berbagai suku yang ada di Kabupaten Seluma juga turut hadir pada kegiatan ini. Selain itu, Ketua BMA Kabupaten Seluma Suarto pada kesempatan ini juga mengajak seluruh peserta rapat untuk berdoa atas meninggalnya ketua BMA Kecamatan Lubuk Sandi.(adt)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments