Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomePolitikBaru Satu Parpol Baru yang Terverifikasi di Kesbangpol

Baru Satu Parpol Baru yang Terverifikasi di Kesbangpol

radarselumaonline.com PEMATANG AUR – Dari 67 Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Seluma, ada 25 lagi Ormas, LSM dan Parpol yang belum melakukan verifikasi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Seluma Dadang Kosasih, ST, MT membenarkan hal tersebut. “Untuk Parpol yang baru, baru satu yang melakukan verifikasi yaitu partai Garuda. Ada 25 lagi dari 67 yang sudah terdaftar dan belum melakukan verifikasi,” kata Dadang, kemarin (21/6).

Dikatakan Dadang pihaknya Kesbangpol Seluma sudah menjalin MoU dengan kejaksaan dan juga Polres Seluma terkait dengan Ormas dan LSM. Apabila tidak aktif, atau tidak terverifikasi di Kesbangpol maka kegiatan Ormas dan LSM tidak akan diakui. Sehingga diharapkannya Ormas dan LSM Untuk segera melakukan verifikasi.

Seperti disampaikan Dadang terakhir verifikasi itu pada pertengahan tahun ini yaitu pada bulan ini atau Juni. “Syarat verifikasinya akta notaris, status legal formal dari Kemenkumham, ada AD/ART, SK kepengurusan, contact person dan alamat sekretariat. Dan juga harus jelas, jangan sampai mereka di bidang sosial tetapi bergerak di infrastruktur,” sambungnya.

Dan diharapkannya lagi dengan adanya verifikasi ini, maka kegiatan dan juga aktivitas Ormas maupun LSM dapat dipantau. Kemudian diharapkannya agar Ormas dan LSM bergerak sesuai dengan bidangnya masing-masing sehingga dalam hal ini pemerintah daerah dapat melakukan pemantauan dan tidak ada lagi LSM yang bergerak di sosial namun realitasnya ke pembangunan fisik.(adt)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments