Monday, October 3, 2022
spot_img
HomeEkonomiAwal Tahun, Harga TBS Sawit Merosot

Awal Tahun, Harga TBS Sawit Merosot

SELUMA – Komoditas buah kelapa sawit di Kabupaten Seluma tengah menjadi primadona masyarakat petani. Akan tetapi, memasuki awal tahun baru 2022 ini. Diketahui, jika harga Tandan Buah Sawit (TBS) kembali merosot (turun). Setelah sebelumnya harga TBS sempat melonjak hingga mendekati harga Rp 3 000 per kilogramnya. “Untuk harga sawit saat ini mulai mengalmi penurunan, dari harga sebelumnya,” sampai Yono warga Desa Tanjung Seluai, Kecamatan Seluma Selatan.
Menurutnya, untuk penurunan harga TBS saat ini melorot (menurun) hingga mencapai Rp 500 perkilogramnya jika dibandingkan dengan harga sebelumnya. Saat ini harga berkisar Rp 2.500 per kilogramnya untuk di tingkat para petani. Dengan penurunan TBS tersebut diakuinya sempat mengalami kerugian yang dialaminya. Pasca merosotnya harga TBS yang terjadi di sejumlah pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. “Jelas mengalami kerugian, dengan menurunnya harga TBS di pabrik,” ujarnya.
Walaupun pada saat ini kondisi TBS mulai menurun. Namun, para petani sawit mengharapkan kepada Pemerintah untuk dapat menurunkan harga pupuk. Hal tersebut demi kesejahteraan masyarakat. Untuk tiga pabrik CPO yang ada di wilayah Kabupaten Seluma. Diketahui juga akan mulai beroperasi pada Senin mendatang (Red, Hari ini). Setelah diliburkannya pada malam pergantian tahun.(ctr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments