Thursday, May 19, 2022
spot_img
HomeKesehatanAda Kasus Jembrana, Pembeli Sapi Ternak Menurun

Ada Kasus Jembrana, Pembeli Sapi Ternak Menurun

SUKARAJA – Meski di beberapa wilayah atau desa saat ini ada beberapa kasus kematian sapi diduga karena jembrana. Hal tersebut tidaklah membuat harga ternak sapi mengalami penurunan. Justru harga sapi cenderung stabil. Hanya saja, pembeli sapi untuk ternak tidak dipungkiri mengalami penurunan terutama sapi dari wilayah yang memang sudah ada kasus kematian diduga jembrana.
Sedangkan permintaan daging sapi untuk rumah potong, ataupun untuk konsumsi juga tetap stabil. Karena menurut masyarakat sapi yang terkena jembrana masih aman dikonsumsi asalkan bagian yang rusak tidak ikut dikonsumsi. “Kalau harga sapi masih tetap stabil. Namun pembeli untuk keperluan ternak memang menurun,” kata Merwan salah satu pengusaha jual beli sapi, kemarin.
Lalu disampaikannya yang justru mengalami kerugian saat ini adalah peternak sapi. Yang mana jika tidak diobati sapi mereka terancam mati. “Kalau untuk saat ini banyak peternak yang memilih untuk belim membeli sapi. Karena mereka takut sapi yang baru dibeli nanti merupakan sapi yang berasal dari daerah yang ada kasus jembrana, dan juga khawatir sapi mereka mengalami sakit,” sambungnya.
Seperti yang diketahui sapi yang terkena jembrana mengalami gejala seperti kurang nafsu makan, sering terlihat mengantuk, mengalami diare, tampak seperti keringat darah, dan ada benjolan di bagian tubuh tertentu.(adt)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments