Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeEkonomiCPO dan KCP Jadi Investasi Unggulan

CPO dan KCP Jadi Investasi Unggulan

radarselumaonline.comTALANG SALING – Pengembangan Crude Palm Oil (CPO) dan pabrik pengolahan inti sawit Kernel Crushing Plant (KCP), menjadi investasi unggulan di Kabupaten Seluma saat ini. Hal tersebut lantaran prospek kelapa sawit ke depan, terus dikembangkan menjadi sumber energi terbarukan.
Seperti yang disampaikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seluma menyampaikan, untuk potensi pengembangan CPO dan pabrik pengolahan inti sawit. sebagai investasi unggulan di Kabupaten Seluma dari sektor perkebunan. Untuk saat ini, baru tercatat ada tiga perusahaan pabrik CPO.
“Untuk perusahaan pabrik CPO untuk di Kabupaten Seluma, tercatat ada tiga perusahaan pabrik CPO,” sampai Plt DPMPTSP Kabupaten Seluma, Mulyadi.
Sedangkan untuk pabrik pengolahan inti sawit (KCP), baru akan berdiri di Kelurahan Babatan, Kecamatan Sukaraja. Berdasarkan jumlah lahan perkebunan sawit masyarakat di Kabupaten Seluma. Ada sekitar 33 ribu hektare hasil dari survei Dinas Pertanian. Sehingga masih berpeluang bertambah satu pabrik CPO lagi untuk di wilayah Kabupaten Seluma. Selain itu, rencana pembangunan fasilitas pabrik pengolahan inti sawit di wilayah Kelurahan Babatan kini masih dalam proses penyelesaian perizinan.
“Meskipun sektor perkebunan menjadi potensi investasi unggulan. Namun sektor peternakan, pertanian dan pariwisata di Kabupaten Seluma juga memiliki prospek yang sangat baik karena saling berkaitan. Karena pihaknya tahun ini telah ditargetkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dengan target investasi di Kabupaten Seluma mencapai Rp 700 miliar,” terangnya.
Sementara itu, jika investasi pabrik CPO dan KCP ini kembali berdiri di Kabupaten Seluma akan berpeluang membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Kabupaten Seluma. Khususnya di lokasi wilayah pabrik tersebut. Serta juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat.(ctr)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments