Saturday, May 28, 2022
spot_img
HomeKesehatanDinkes BS Cek RM dan Depot Air Minum

Dinkes BS Cek RM dan Depot Air Minum

BENGKULU SELATAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Seksi Kesehatan Lingkungan (Kesling) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) sekaligus melakukan pembinaan dan pengawasan terpadu terhadap Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) di sejumlah rumah makan (RM) di BS dan memantau depot isi ulang air minum.
Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto S.Sos, M.Si melalui Kabid Kesmas Usman Sahari M.Kes mengatakan, pengawasan ini dilakukan untuk mengetahui, apakah rumah makan dan tempat pengolahan isi ulang air minum tersebut menjaga higienis sanitasi yang baik.
“Bersama pihak terkait telah melakukan pemantauan di sejumlah rumah makan serta depot isu ulang air minum untuk memastikan higienis dan sanitasi, untuk rumah makan dalam memproduksi makanan, sehingga menu makanan yang dihidangkan bisa dikonsumsi dengan aman begitupun dengan air minum,”kata Usman Sahari, Rabu (21/10/2020), dengan harapan, pemilik rumah makan atau restoran bisa memproduksi pangan dengan cara yang baik dan benar. Sehingga produk makanan yang disajikan bisa memenuhi persyaratan keamanan dan mutu yang baik untuk kesehatan. Begitupun dengan tempat usaha pengolahan air baku menjadi air minum sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 43 tahun 2014 tentang Higiene Sanitasi Depot Air Minum, harus memiliki sertifikat layak sehat. Karena sertifikat ini adalah bukti tertulis yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota bahwa telah memenuhi standar baku mutu atau persyaratan kualitas air minum.
“Pemeriksaan untuk depot isi ulang air minum masih dalam standar baik, dan mayoritas sudah mengantongi sertifikat layak sehat, kedepan terus rutin dilakukan pemantauan,”pungkas Usman.(yes)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments