Thursday, May 19, 2022
spot_img
HomePolitikWabup Ingatkan OPD Jangan Malas

Wabup Ingatkan OPD Jangan Malas

BENGKULU SELATAN – Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Rifa’i Tajuddin,S.Sos meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda BS agar tidak bersantai lagi. Karena saat ini sudah akhir Januari 2022.
“Semua kegiatan di setiap OPD sudah mulai berjalan. Saya minta semua OPD sudah memulai kegiatan, jangan bermalas-malasan,”ucap Wabup Rifa’i saat rapat Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Triwulan Ke 1 Tahun 2022 di Ruang Rapat Kantor Bupati BS.
Dikatakan Wabup, rapat TEPRA tersebut sebagai upaya memantau, mengendalikan dan evaluasi keseluruhan terhadap penyerapan anggaran, baik APBD maupun APBN, proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah, penerimaan pendapatan dan hal-hal lainnya pada tahun 2021. Sehingga nantinya dapat diketahui permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan anggaran tahun lalu. Juga mengantisipasinya agar permasalahan tersebut tidak terulang lagi pada tahun 2022 ini. Selain itu, penggunaan alokasi harus efektif dan dapat menggerakkan roda perekonomian di daerah.
“Dengan harapan tahun ini semua kegiatan berjalan tepat waktu dan tidak ada yang molor,”beber Wabup.
Khusus pengadaan barang dan jasa Pemerintah, harus tepat waktu. Jika terlambat sedikit saja dapat mengurangi persentase pertumbuhan ekonomi di daerah. Terutama belanja infrastruktur yang sangat sensitif terhadap waktu. Belanja pengadaan barang/ jasa harus berkontribusi signifikan terhadap pengembangan Industri Kecil Menengah dan UMKM di BS.
“Dikhawatirkan molor tidak selesai tepat waktu dan akhirnya bisa putus kontrak,”gumam Wabup.
Oleh karena itu, dirinya berharap semua OPD mulai melaksanakan tahapan pengadan barang/jasa. Sehingga semakin cepat berjalan, maka roda perekonomian pun akan cepat bergerak. Dirinya berharap proses lelang sudah dapat dimulai, agar pembangunan bisa segera dilaksanakan. Dengan begitu, nantinya semua kegiatan selesai tepat waktu dan tidak ada yang molor apa lagi hingga putus kontrak.
“Harap semua kegiatan di setiap OPD berjalan sesuai perencanaan,”pungkas Wabup.
Sementara itu, Kepala Unit Pengadaan Barang / Jasa (UKPBJ) Pemda Bengkulu Selatan (BS), Ryasidi MSi mengatakan, sejak Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) BS tahun 2022 disahkan, hingga saat ini baru 2 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda BS yang mengumumkana Rencana Umum Pengadaan (RUP). Padahal APBD 2022 sudah disahkan akhir November tahun 2021.
” Baru 2 OPD saja yang mengumumkan RUP, selebihnya sudah menyampaikan pemberitahuan melalui surat,”ucap Rasyidi.
Dikatakan Rasyidi, OPD yang sudah mengumumkan RUP tersebut yakni dinas Kominfo dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) namun menyusul UKBPJ terlambat karena teganjal mati listrik.
“Semua OPD sudah kami surati, kami berharap agar segera menyusun RUP,”pungks Rasyidi.(yes)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments