Wednesday, August 10, 2022
spot_img
HomeSELATANTebat Gelumpai Tahap Ketiga Habiskan Dana Rp 11,9 Miliar

Tebat Gelumpai Tahap Ketiga Habiskan Dana Rp 11,9 Miliar

BENGKULU SELATAN – Pembangunan revitalisasi Tebat Gelumpai Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna saat ini sudah memasuki tahap ketiga. Diketahui, pembangunan revitalisasi tahap ketiga ini menghabiskan dana Anggaran Pendapat Belanja Nasional (APBN) sebesar Rp 11,9 Miliar. Bahkan, program pembangunan Tebat Gelumpai ini ditargetkan selesai hingga Desember 2022 mendatang. Sementara, pembangunan tahap pertama dan kedua telah dilaksanakan sejak tahun 2021 lalu oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.
Wakil Bupati (Wabup) BS H Rifa’i Tajudin,S.Sos menyebutkan, Pemkab BS dalam revitalisasi Tebat Gelumpai akan dijadikan sebagai waduk yang memiliki fungsi resapan dan cadangan air untuk menopang persawahan dan kebutuhan masyarakat. Tebat Gelumpai juga akan dijadikan sebagai objek wisata baru di Kabupaten BS. “Saat ini, program pembangunan Tebat Gelumpai sendiri sudah memasuki tahap ketiga. Tebat Gelumpai akan menjadi objek wisata baru yang ada di tengah kota yang diklaim menjadi satu-satunya di Provinsi Bengkulu,”ucap Rifa’i.
Dikatakan Rifa’i, Tebat Gelumpai nantinya dijadikan tempat bermain wisata air. Selain itu, di lokasi tersebut juga akan dibangun tepat olahraga air hingga tempat nongkrong dan joging track. “Revitalisasi tahap tiga ini akan berakhir Desember 2022 mendatang, target pengerjaan fisik ditahun 2022 ini dari normalisasi tebat, pemasangan talud beton sebagai pengaman tanggul, pembuatan spilway sebagai pengatur permukaan air danau serta pintu pengurusnya, penghijauan dan lain-lain,”ucap .Rifa’i. Intinya pembangunan Tebat Gelumpai sesuai design. Sehingga, selain menjadi kawasan wisata baru, juga dapat berguna sebagai sumber mata air bersih bagi masyarakat dan sumber pengairan lahan persawahan petani.(yes)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments