Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeEkonomiRamadhan, Harga Daging Mulai Naik

Ramadhan, Harga Daging Mulai Naik

BENGKULU SELATAN – Sejak memasuki bulan puasa Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 ini, berbagai macam komuditas pangan mengalami kenaikan dari harga sebelumnya. Seperti harga daging sapi yang mengalami kenaikan cukup tinggi dari harga normalnya. Harga daging sapi saat ini mencapai Rp. 140 ribu per kilogramnya. Sedangkan sebelumnya harga daging sapi ini hanya Rp. 120 ribu per kilogram. Namun, bagi sebagian masyarakat kenaikan harga daging pada saat bulan puasa Ramadhan ini sudah lumrah.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) BS, Ir. Iskandar AZ mengatakan, ada beberapa komoditi pangan yang mengalami kenaikan dari harga normalnya. Namun, yang paling tinggi mengalami kenaikan harga yaitu daging sapi. Padahal, sebelumnya, guna mencegah kenaikan yang signifikan pihak DKP BS melalui Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan gencar lakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa pasar tradisional yang ada di Kabupaten BS. Hanya saja, harga berbagai macam komuditas pangan ini masih saja mengalami kenaikan.
“Untuk kenaikan beberapa harga pangan ini mulai terjadi sejak Jumat (1/4/2022) lalu. Kenaikan harga pada saat bulan Ramadhan ini memang sudah biasa terjadi. Dari pengamatan tim di beberapa pasar tradisional di Kabupaten BS, untuk komoditi minyak goreng hingga kini masih langka dijual dipasaran. Sementara, untuk komoditi daging sapi mengalami kenaikan yang sangat tinggi dari biasanya. Padahal, ketersediaan daging di pasar cukup banyak,”ucap Iskandar.
Ditengah kenaikan harga beberapa bahan pangan saat ini, lanjut Iskandar, pemerintah tetap berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah antisipasi. Hal ini, guna memastikan ketersediaan bahan pangan dan menjaga harga bahan pangan dapat terjangkau oleh masyarakat. Salah satunya, dengan terus mengggelar pasar murah yang keliling ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten BS. Selain itu, pasar sembako murah juga terus dilakukan di Kantor DKP BS di Jalan Zainab Bahmada Rustam (Aji Acin) Kecamatan Kota Manna.
“Dalam menjaga harga komoditi pangan, kami juga telah membuka kembali Pasar Mitra Tani. Yang mana, di pasar tersebut disediakan berbagai macam sembako dengan harga murah. Seperti, minyak goreng hanya Rp. 22.000/Kg, daging beku Rp. 85.000/Kg, beras premium Rp. 55.000/5kg, beras medium Rp. 46.000/5kg dan sembako lain-lainnya. Bahkan juga disediakan satu paket sembako yang hanya dijual dengan harga Rp. 100.000 saja,”pungkas Iskandar.(yes)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments