Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeKesehatanPelanggan PDAM BS Keluhkan Air Keruh dan Macet

Pelanggan PDAM BS Keluhkan Air Keruh dan Macet

radarselumaonline.com BENGKULU SELATAN – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manna di Kabupaten BS terus mengeluhkan sering terjadinya air keruh dan aliran air sering macet. Bahkan, keluhan masyarakat ini bukan akhir-akhir ini saja. Namun, diketahui sudah berlangsung sejak tahun 2019 lalu. Akibatnya, para pelanggan perusahaan air bersih tersebut merasa dirugikan.
Junaidi (38) salah satu warga di Kecamatan Seginim mengaku resa air ledeng dari PDAM yang digunakan tidak normal dan tidak jarang pula airnya keruh.
“Sudah lama menjadi pelanggan PDAM Tirta Manna, namun masih sering menggunakan air sumur yang ada di rumahnya. Hanya saja, jika saat musim kemarau dan air sumur kering, jadi terpaksa tetap menggunakan air ledeng,”ucap Junaidi.
Hal senanda yang disampaikan Widi (42) salah satu warga Kelurahan Kayu Kunyit Kecamatan Manna, mengaku kalau air ledeng di rumahnya juga sering sekali macet. Bisanya pada saat pagi hari, air ledeng tersebut kadang susah keluar. Padahal, dirinya mengaku tidak pernah telat kalau soal pembayaran iuran bulanan perusahaan air minum. “Pihak PDAM Tirta Manna dapat mencari solusi agar air ledeng ini dapat lancar sebagaimana mestinya,”pungkas Widi.
Sementara itu, Wakil Bupati (BS), H.Rifa’i Tajudin, S.Sos menindaklanjuti berbagai keluhan masyarakat di Kabupaten BS terkait kendala PDAM yang sering macet langsung turun lapangan (Turlap) untuk memastikan keluhan dimana Wabup melihat langsung pengerjaan perbaikan saluran air PDAM yang ada di wilayah Kecamatan Air Nipis, tepatnya di Desa Palak Bengkerung. Dan diketahui, sumber kendala yang menyebabkan air ledeng sering macet tersebut yaitu lantaran adanya bebatuan di dalam saluran air.
“Saya sudah mengecek langsung pengerjaan perbaikan saluran air PDAM Tirta Manna yang berada di Desa Palak Bengkerung Kecamatan Air Nipis. Alhamdulillah, titik tersumbatnya air karna bebatuan sudah bisa di temukan dan di keluarkan, dan mudah-mudahan dapat menjawab keluhan daripada dibuat aga dimana pelayanan kurang maksimal disajikan oleh pihak PDAM belakangan ini,”pungkas Rifa’i.
Direktur PDAM Tirta Manna, Iwan Kurwantoro, SH mengungkapkan, keluhan pelanggan terkait air ledeng macet bukan hanya terjadi satu wilayah saja. Namun, juga dialami dibeberapa wilayah di Kabupaten BS. Hanya saja, setelah menerima laporan langsung dari pelanggan yang bersangkutan, air kembali lancar.
“Untuk penyebab air PDAM yang keruh, ini lantaran selama ini management PDAM Tirta Manna tidak membuat saluran pembuangan di beberapa lokasi. Terus sudah kami perbaiki setelah masyarakat melapor. Penyebab air macet, akibat adanya pipa induk di dekat Jembatan Air Nipis hancur terputus karena terkena alat berat dari proyek irigasi. Disaat pipa putus tersebut, kemungkinan besar didalam pipa sudah banyak sekali tertumpuk batu, tanah dan lumpur yang masuk ke dalam pipa yg putus. Namun, kini sudah kami lakukan perbaikan,”ungkap Iwan.
Iwan mengaku air sering keruh, agar kejadian ini tidak terulang lagi, ke depannya pihaknya akan memasang saluran air di pipa saluran komplek perumahan warga.
“Salah satu penyebab utama air sering keruh lantaran tidak adanya saluran pembuangan. Maka kedepan dipasangair di pipa saluran komplek perumahan,”tegas Iwan.(yes)

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments