Tuesday, July 5, 2022
spot_img
HomeSELATANLanggar Perda, PKL Ditertibkan

Langgar Perda, PKL Ditertibkan

BENGKULU SELATAN – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) BS kembali lakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) sering berjualan di bahu jalan dan badan sepanjang pusat kota. Sesuai dengan permintaan masyarakat yang mengeluhkan para pedagang tersebut, kemarin (25/5/2022) penertiban dilaksanakan melibatkan dua pleton personil Satpol-PP. Kegiatan, berlangsung di sejumlah ruas Jalan Jenderal Sudirman, Seputaran Tebat Rukis, Area Taman Merdeka Kota Manna bahkan di sejumlah pasar tradisional yang ada di BS.
Kasatpol PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos menuturkan operasi penertiban PKL tersebut lantaran keberadaan PKL telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 01 Tahun 2022 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum. Selain itu, penertiban juga merupakan tindak lanjut dari instruksi lisan Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE, MM yang meminta agar PKL tidak menggangu para pengguna arus lalu lintas saat berjualan.
“Penertiban tidak ada lapak para pedagang yang dibongkar secara paksa oleh petugas. Hanya saja, penertiban tidak lain bertujuan untuk memberikan teguran secara persuasif kepada para pedagang kaki lima. Agar, saat berjualan tidak menggangu ketertiban umum khususnya arus lalulintas,”ujar Erwin.
Diterangkan Erwin, para PKL yang kedapatan berjualan di bahu jalan tersebut selanjutnya didata. Ini akan menjadi dasar untuk memberikan efek jera sekaligus pemberian sanksi jika terulang kembali di kemudian hari.
“Bukan hanya gencar melakukan penertiban para pedagang kaki lima. Namun, pihaknya juga gencar melakukan penertiban di beberapa pasar tradisional yang ada di Kabupaten BS. Diantaranya, penertiban di Pasar Ampera Kelurahan Ketapang Besar Kecamatan Pasar Manna dan Pasar Kutau Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna,”pungkas Erwin.(yes)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments