Saturday, May 28, 2022
spot_img
HomeSELATANDigelar di BS, Debat Terbuka Cakada BS Sukses

Digelar di BS, Debat Terbuka Cakada BS Sukses

BENGKULU SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Senin (16/11/2020) menggelar debat kandidat terbuka Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten BS. Yang disiarkan secara live oleh stasion televisi lokal Provinsi Bengkulu RBTV Camkoha di hotel Seven One jalan Veteran Kota Manna. Hal ini dilakukan pihak KPU untuk mengatasi terjadinya penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten BS. Selain itu KPU BS membatasi jumlah peserta yang masuk untuk menyaksikan debat tersebut dan wajib menggunakan Protokol Kesehatan (Prokes).
Debat juga dijaga Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satgas Penanganan Covid-19 di Kabupaten BS. Debat terbuka ini diikuti empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati BS yakni, nomor urut 1 Hartawan-Darmin, nomor urut 2 Budiman Ismaun-Helmi Paman, nomor urut 3 Gusnan Mulyadi-Rifa’i Tajudin dan nomor urut 4 Dewi Sartika-Marwan Iswandi menyampaikan visi dan misi mereka dalam membangun dan mengelola Kabupaten BS menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Paslon nomor urut 1, Hartawan-Darmin menyampaikan visi dan misi mereka dalam debat terbuka yakni, membangun masyarakat Kabupaten BS religius dan bermartabat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan lain-lainnya.
Sedangkan visi dan misi Paslon nomor urut 2 Budiman Ismaun-Helmi Paman meningkatkan tata kelola, transfaran terhadap masyarakat, meningkatkan pembangunan, meningkatkan daya asing, pendidikan baca alquran setiap desa, pengadaan alat pertanian, pendidikan gratis dan lain-lainnya.
Sementara visi dan misi Paslon nomor urut 3 Gusnan Mulyadi-Rifai Tajudin yakni, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SMD), mencetak generasi muda penghafal alquran, meningkatkan gotong royong mewujudkan tata kelola yang baik, mewujudkan program Satu Keluarga Satu Ekor Sapi dan lain-lainya.

Adapun visi dan misi Paslon nomor urut 4 Dewi Sartika-Marwan Iswandi yakni, meningkatkan SDM, meningkatkan pembangunan mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulya, membangun Kabupaten BS lebih baik dan lain-lainya.
Sementara itu, ada yang menarik dalam debat Paslon Program Sakti Petahanan, ditolak Paslon Nomor Urut 2, Sebab Program Satu Keluarga Satu Ekor Sapi (SAKTI) yang direncanakan, Gusnan Mulyadi selaku Pertahana Bengkulu Selatan (BS) sekaligus Calon Bupati BS pragram SAKTI yang direncanakan Paslon nomor urut 3 merupakan pembodohan publik demi mendapatkan dukungan dari masyarakat.
Budiman Ismaun sebagai Calon Bupati BS mengatakan, dirinya tidak percaya dengan program SAKTI yang dijanjikan oleh Paslon nomor urut 3 kepada masyarakat. Karena, program SAKTI tersebut merupakan pembodohan publik oleh Paslon nomor urut 3. Selain itu, dirinya juga menilai program itu hanya untuk mengelabui masyarakat dan menipu masyarakat Kabupaten BS. Saat ini masyarakat Kabupaten BS sudah cerdes. Jika masyarakat tidak cerdas jelas tertipu dengan program itu.
Paslon Nomor Urut 3, Gusnan Mulyadi menjelaskan, program SAKTI ini merupakan program pro terhadap rakyat BS, jika Paslon nomor urut 2 tidak setuju dengan program tersebut, berarti secara tidak langsung mereka tidak pro terhadap rakyat BS. Bukan hanya mengatasi kemiskinan program SAKTI ini juga dapat mengurangi pengangguran, memberikan peluang bisnis, meningkatkan sumber pangan nasional dan kotoran sapi bisa menjadi pupuk untuk para petani.
Dikatakanya, program ini sangat dibutuh oleh masyarakat Kabupaten BS karena manfaatnya sangat jelas untuk warga. Jika dalam program SAKTI ini indukan sapi tidak dapat melahirkan lagi maka sapi akan di lakukan lelang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga, tidak ada yang di rugikan dalam program SAKTI ini.
“Program ini tidak ada yang merugikan rakyat malah untuk memakmurkan masyarakat Kabupaten BS. Jika mereka tidak menerima dengan program ini mereka belum pro terhadap rakyat,”demikian Gusnan.
Ketua KPU Kabupaten BS, Alpin Samsen mengapresasi debat kandidat terbuka Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten BS ini di gelar di hotel Seven One jalan Veteran Kota Manna berjalan lancar dengan mematuhi standar Prokes Covid-19, untuk mengantisifasi kerumunan masa. Peserta masuk menimal 50 orang dijaga ketat oleh pihak Polri, Satpol PP dan Satgas Covid-19 dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal Provinsi Bengkulu RBTV Camkoha. Sehingga, masyarakat bisa melihat debat terbuka Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten BS tampa harus datang ke lokasi.
“Kita bersukur debat terbuka ini berjalan dengan lancar,”pungkas Alpin.(yes)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments