Jumat, 17 September 2021

RTLH di Sawah Lebar, Dibantu Pemkot Bengkulu

Angkasanews.id-
Minggu, 5 September 2021 | 11:37WIB
3 menit baca
waliklota
16859678893602362891

BENGKULU – Warga Kota Bengkulu Kasni Anita (36), bisa sumringah. Rumah ibu muda berada di Jl. Cendana I, Gang Jambu III, RT 08 RW 02, Kel. Sawah Lebar, Kec. Ratu Agung Kota Bengkulu, yang tidak layak huni mendapat bantuan dari Pemda Kota Bengkulu. Rumah berdinding papan dan lantai tanah dengan ukuran rumah sekitar 3×6 meter serta dengan peralatan rumah seadanya ini, sudah dihuni Kasni bersama suaminya \ Burmawi (48) dan 4 orang anak lebih 2 tahun.
Menadapti RTLH masih ada di daerahnya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan, SE langsung merespon dan mengerahkan jajarannya untuk datang ke lokasi yang dikabarkan tak jauh dari eks Balai Kota.
“Tim sudah turun untuk mendata kebutuhan warga tersebut mulai dari Dinsos, Perkim, Baznas, Camat, Lurah dan lainnya. Bahkan ada juga anggota dewan di sana. Jadi, nanti apa yang bisa kita bantu, akan dibantu oleh Pemkot,” ungkap Walikota Helmi, Minggu (5/9/2021).
Terkait Dinsos Provinsi Bengkulu yang lebih duluan turun, Helmi juga ucapkan terimakasih dan memang sudah kewajiban Dinsos Provinsi untuk ikut serta membantu warganya.
“Warga Kota Bengkulu kan warga provinsi juga, warga Seluma kan warga provinsi juga. Tinggal lagi, kita bersinergi untuk membantu warga yang kesusahan. Insya allah kalau kita bersinergi semua warga tak mampu akan terakomodir,” kata Helmi Hasan.
Selama ini, sambung Helmi, Pemkot Bengkulu berkomitmen untuk membahagiakan warganya dan tak ada lagi warga yang mengalami kesulitan.
“Itu komitmen kita, apalagi dimasa pandemi seperti ini masyarakat sedang susah. Jadi, insya allah kita akan selalu hadir di tengah masyarakat dan membahagiakannya. Dan kita juga sudah video call bersama ibu Kasni tadi untuk memastikan apa-apa saja yang di butuhkannya,” tambahnya.
Kadis Kominfo Eko Agusrianto ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa Kasni Anita telah diberikan bantuan. Ia pun juga merespon positif pihak Pemprov yang kemarin juga memberikan bantuan kepada warga tidak mampu tersebut.
“Tidak hanya dari Pemkot Bengkulu saja, kemarin juga ada bantuan dari Pemprov. Kami ucapkan terimakasih. Kota Bengkulu adalah pusat ibu kota provinsi dan mungkin masih banyak juga warga tak mampu lainnya yang juga membutuhkan uluran tangan yang sama oleh Gubernur. Sama halnya seperti yang dirasakan Kasni Anita warga Cendana,” ujar Eko Agusrianto.
Menurutnya, kalau ke depan saling berkoordinasi tentu warga tak mampu lainnya akan terakomodir baik itu di kota maupun kabupaten.
Saat di lokasi, Ketua Baznas Habib Abdurahman Alkaf mengatakan pihaknya siap mengakomodir apa saja keperluan Kasni.
“Kita juga hadir di sini, prinsipnya warga yang seperti ini insya allah akan kita bantu apa saja keperluannya. Apa lagi dalam situasi pandemi seperti ini, walaupun tak bisa bahagia full, setidaknya kita bisa membuatnya selalu tersenyum. Karena tentu mereka sedang mengalami kesusahan ekonomi,” jelas Habib.
Habib juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk membantu Kasni.
“Untuk hari ini kita bantu berupa sembako untuk keperluan hidupnya. Dan insya allah senin besok, lurah akan ke kantor untuk mengambil biaya-biaya yang diperlukan untuk renovasi rumah, entah itu lantai dan sebagainya. Kita akan buat selayak mungkin untuk tempat tinggal kasni. Kami Basnaz dan Pemkot selalu siap,” tambahnya.
Pada kesempatan itu, Dinsos juga langsung memberikan bantuan pasca panik untuk warga tersebut.
Tak hanya Baznas dan Dinsos, Dinas Perkim juga langsung memberikan bantuan berupa 10 sak semen. “Kita langsung bantu warga tersebut dengan memberikan bantuan semen. Ke depan akan kita tindaklanjuti untuk merenovasi rumah tersebut sesuai dengan prosedurnya,” jelas Kadis Perkim I Made Ardana.
Sementara itu, sebagai pemilik wilayah, Camat Ratu Agung Subhan Gusti Hendri mengatakan sudah mencatat apa saja keperluan Kasni agar rumahnya layak dihuni.
“Kita telah mencatat apa yang dibutuhkan dan telah mengajak seluruh komponen ikut serta dalam membantu warga kita dalam keadaan susah mulai dari pihak RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Baznas, Perkim, Dinsos. Ini segera kita respon dengan cepat,” jelas Subhan.
Usai direspon, Kasni pun mengucapkan terimakasih atas bantuan Walikota Bengkulu Helmi Hasan. “Terimakasih pak Wali dan Wawali, saya sangat senang pak. Boleh dilihat kondisi rumah saya, sungguh miris pak. Alhamdulillah, seluruh jajaran bapak sudah membantu saya dan terimakasih juga pak sudah dibantu untuk merenovasi rumah saya,” ungkap Kasni. (Rilis/MC)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Tak Ada Dana, Batas BS-Seluma Tak Jadi Digugat

PEMATANG AUR – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma melakukan gugatan atas lahirnya Peraturan Menteri Dalam…

Diduga Tak Diizinkan Nikah, Pelajar Tenggak Racun Rumput

SA – Aksi nekat dilakukan seorang pelajar warga Desa Pinju Layang, Kecamatan Semidang Alas(SA) berinisial…

Program Walikota Sedekah Rp 2 Ribu, 67 Kelurahan Tancap Gas

BENGKULU – 67 Kelurahan yang ada di Kota Bengkulu menyatakan siap mendukung program fenomenal Walikota…

Nelayan di BS Tanpa Asuransi Lagi

BENGKULU SELATAN – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Novianto S.Sos.MSi menuturkan para nelayan…

Warga Ketapang Pasar Manna Tak Ambil Beras PPKM

BENGKULU SELATAN – Tercatat oleh pihak Lurah Ketapang, kecamatan Pasar Manna ada sembilan kepala keluarga…

Program Helmi Hasan Jadi Inspirasi Kerinci

BENGKULU -Program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, terkhususnya visi-misi membahagiakan masyarakat ternyata menjadi inspirasi dan motivasi…

LPG 3kg Langka, Dewan Panggil Disperindag dan Pertamina

BENGKULU – Menyikapi kelangkaan LPG 3 Kilogram (Kg) bersubsidi atau gas melon, Anggota DPRD Provinsi…

Katanya, Pembangunan Tambat Labuh, Bronjong dan TPI Selesai

KETAPANG BARU – Untuk memastikan telah selesainya pelaksanaan pembangunan tiga item pengerjaan pada tahun 2021…

Mutasi di Pemkab Seluma Menggantung, Ada Apa?

PEMATANG AUR – Mutasi pejabat eselon III dan IV saat ini menggantung. Dimana, sebelumnya mutasi…

Kasus DD Padang Genting, Sudah Tiga Tahun Tak Naik-naik

PADANG GENTING – Masyarakat Desa Padang Genting Kecamatan Seluma Selatan merasa heran. Laporan mereka soal…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading